3 Ciri-Ciri Kanker Payudara

Melihat perubahan pada payudara menjadi kunci untuk melihat dan mengetahui beberapa gejala munculnya kanker payudara. Dengan cara tersebut Anda bisa menentukan beberapa tindakan untuk pencegahan dan perawatan sebelum semuanya mengalami kritis. Dalam tahap inilah memperhatikan berbagai bentuk dan perubahannya menjadi sangat penting. 

 

Berdasarkan dari American Cancer Society munculnya benjolan pada payudara bisa menjadi tahap awal dari ciri-ciri yang akan menyerang payudara. Bentuknya ada beragam jenis dan variasinya, sehingga perlu untuk diperhatikan. Apabila menemukan benjolan tersebut langsung saja untuk memeriksakan pada layanan kesehatan yang ada. 

Ciri-Ciri Kanker Payudara

Sebenarnya kanker yang menyerang payudara ini dalam beberapa kasus tidak memiliki dan menimbulkan beberapa gejala apapun itu. Tetapi jika Anda memeriksakannya dokter mempunyai alat yang dinamakan mammogram yang khusus untuk melihat beberapa benjolan yang ada tersebut secara menyeluruh. 

 

Nah, berikut ini ada beberapa ciri-ciri dari kanker payudara tersebut, simak penjelasannya secara lengkap dan menyeluruh. 

1. Tekstur Kulit

Adanya perubahan pada tekstur kulit pada area payudara yang ada, hal ini disebabkan oleh peradangan pada sel-sel yang ada. Biasanya Anda akan menemukan kulit yang bersisik dan mengalami kondisi yang sangat kering, kulit mengalami penebalan, dan terjadi adanya gatal. Tetapi perubahan dalam tahap ini bukan menjadi indikasi awal terkena kanker tersebut. 

 

Namun, apabila Anda mengalami beberapa permasalahan tersebut penting untuk memeriksakan pada dokter atau pusat kesehatan terdekat. 

2. Keluar Cairan

Jika Anda sedang tidak menyusui dan keluarnya cairan pada payudara tersebut bisa jadi tanda awal terkena kanker tersebut. Mengenai cairannya tersebut bisa dalam bentuk encer dan kental, sehingga Anda harus memperhatikannya. Untuk bagian warnanya sendiri bisa bening, menyerupai susu, hijau, merah, dan terlihat kuning. 

 

Hal ini bukan menjadi tanda terkena kanker, tetapi bisa jadi adanya efek samping dari penggunaan pil KB atau adanya infeksi pada payudara. Dalam tahap ini Anda harus bisa memperhatikan dan melihatnya secara menyeluruh. Apabila Anda sedang tidak menggunakan obat dan keluar cairan lebih baik untuk melakukan pemeriksaan. 

3. Adanya Lesung Pipit

Biasanya apabila termasuk dalam kategori kanker yang agresif akan muncul lesung pipit pada payudara tersebut. Hal ini disebabkan oleh beberapa peradangan yang terdapat dalam jaringan payudara itu, sehingga mengalami penumpukan cairan getah bening yang terdapat pada payudara dan menimbulkan kulit yang bengkak, berlubang, dan menyerupai lesung pipit. 

 

Jika Anda melihat lesung pipit pada payudara penting untuk langsung konsultasi kepada dokter khusus atau pusat pelayanan yang menangani kanker. 

Nah, itulah beberapa penjelasan singkat mengenai beberapa ciri-ciri kanker payudara. Untuk informasi lengkapnya Anda bisa langsung konsultasi, terpenting Anda harus melakukan pemeriksaan apabila ada beberapa gejala aneh pada area payudara. Semoga artikel kesehatan tentang kanker ini bermanfaat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *