Wisata Lombok Sangat Rekomended Dan Hits Dikunjungi Dengan Mobil

Lombok memanglah sangat identik dengan wisata tepi laut yang memesona. Pasti saja wisata alam Gunung Rinjani begitu terkenal di golongan para tarveller, paling utama mereka yang gemar dengan petualangan.

Lombok pula identik dengan keberadaan Suku Sasak yang populer dengan budaya menenun. Tradisi ini apalagi masih dilestarikan sampai dikala ini serta jadi salah satu destinasi wisata budaya yang sangat menarik buat dijelajahi.

Tidak heran bila banyak turis dalam negeri ataupun mancanegara yang menjadikan Lombok selaku destinasi wisata kesukaan dikala liburan.

Tidak hanya tepi laut serta gunung, kemampuan wisata di Lombok pula lumayan bermacam- macam. Berikut ini merupakan 25 catatan saran wisata Lombok yang harus dijelajahi.

Dengan ketinggian dekat 1. 700 mdpl, Bukit Pergasingan dapat jadi posisi buat melaksanakan pemanasan saat sebelum mendaki Gunung Rinjani Melihat Pesona Wisata Pulau Lombok Dengan Sewa Mobil Lombok .

Posisi ini pula dapat jadi jalan alternatif buat mendaki ke puncak Rinjani.

Bukit ini masuk dalam daerah Desa Sembalun di Lombok Timur serta dapat ditempuh dalam waktu dekat 2- 3 jam dari kota Mataram.

Walaupun jalan pendakian di bukit ini tidak sangat ekstrim semacam pada pendakian ke Gunung Rinjani, tetapi senantiasa saja turis wajib berjaga- jaga, paling utama kala melewati jalan tanah berbatu dengan kemiringan dekat 60- 70 derajat.

Suatu tantangan tertentu untuk siapapun yang mau menguji nyali.

Salah satu view yang sangat unik merupakan panorama sawah yang nampak membentuk pola kotak- kotak.

Tidak hanya itu pula nampak panorama alam Gunung Rinjani yang kuat berdiri, tercantum pula landscape perbukitan serta pemukiman penduduk di Desa Sembalun yang nampak damai.

Tidak hanya di tempat ini, kalian pula dapat berkunjung ke sebagian bukiti disekitarnya, semacam: Bukit Nanggi, Bukit Selong Sembalun Lawang, Bukit Anak Dara, Bukit Batu Hidung, Bukit Mereseq, serta Bukit Hatory.

Halaman Wisata Alam( TWA) Gunung Tunak

Buat menggapai puncak bukit, kaki dapat mendaki bukit dengan berjalan kaki.

Meski jalur yang dilalui lumayan terjal serta berbatu, tetapi seluruh keletihan hendak lekas terbayar dengan panorama alam alamnya yang sangat memesona Saran Tempat Wisata Lombok, Yang Mudah di Lewati Mobil .

Perbukitan yang menghijau dengan hawa sejuk yang menyegarkan terus menjadi menggoda kala pemikiran mata lepas memandang lautan tanpa batasan serta tebing- tebing karang yang kuat berdiri.

Tempat wisata ini memanglah memadukan 3 panorama sekalian, ialah hutan, perbukitan serta pula tepi laut.

Buat menikmati panorama alam indah yang menenangkan, cobalah buat menyaksikannya dari atas gardu pandang yang designnya menyamai menara listrik, sangat unik.

Butuh nyali besar buat memanjat gardu pandang ala menara listrik ini sebab hembusan angin yang lumayan kencang jadi suatu tantangan yang wajib wajib dialami.

Posisi: Desa Merta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Gua Bangkang( Gua Gale- Gale) ini ialah habitat dari ribuan ekor kelelawar yang sudah terdapat semenjak ratusan tahun lali.

Bilik gua yang cukup besar serta panorama alam epik dapat jadi alibi utama kalian melanjutkan trip kesini.

Waktu terbaik buat menjelajahi gua eksotis ini merupakan kala sore hari ataupun menjelang sunset, dimana sekumpulan kelelawar hendak mengepakkan sayapnya secara massal serta meninggalkan gua.

Jangan kurang ingat membawa topi ya!

Posisi: Dusun Bangkang, Desa Kuta, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah.

Sumber Aik Kalak

Aik Kalak dapat dimaksud selaku air panas. Sumber air panas ini jadi salah satu tempat yang sangat berarti untuk Suku Sasak.

Konon bagi masyarakat dekat, berendam di Aik Kalak dapat berguna buat menanggulangi bermacam berbagai penyakit, paling utama penyakit kulit serta persendian rental mobil lombok Tidak hanya itu, dapat pula buat menajamkan panca indera, menenangkan jiwa serta membuat awet muda.

Bukan cuma efektif buat kesehatan, Aik Kalak pula banyak didatangi buat keperluan tertentu.

Salah satunya merupakan buat menguji kesaktian pusaka dengan metode dicelupkan pada airnya. Aik Kalak memanglah menaruh kemampuan alam yang memesona serta pula sarat hendak faktor mistis.

Jadi dikala kalian di Lombok, jangan kurang ingat mampir dimari serta rasakan aura mistik di zona dekat.

Desa Bayan Sasak

Wisata Lombok yang kental hendak faktor budaya ini dapat jadi opsi pas untuk kalian yang mau mengenali Suku Sasak secara mendalam, ialah suku asli Lombok.

Warga di desa ini masih memegang teguh bermacam tradisi peninggalan leluhur walaupun begitu mereka juga tidak menutup diri dari budaya modern.

Salah satu budaya yang masih dipertahankan sampai dikala ini merupakan kerutinan nyirih.

Posisi: Desa Bayan, Kabupaten Lombok Utara.

Tidak hanya Desa Bayan Sasak, terdapat sebagian desa adat lain yang dapat kalian kunjungi kala liburan ke Lombok, ialah Desa Adat Blek yang terletak di Lembah Sembalun, Desa Sade di Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Desa Segenter di Kecamatan Bayan, Lombok Utara, Desa Ende, serta Desa Beleq di Gumantar, Kayangan, Lombok Utara.

Halaman Narmada

Halaman Narmada merupakan suatu halaman yang dibentuk semenjak tahun 1727 oleh Raja Mataram Lombok, Anak Agung Ngurah Karang Asem, dengan luas dekat 2 hektare.

Design halaman ini terbuat menyamai Gunung Rinjani dengan bangunan pura di bagian atas yang diucap Kalasa.

Salah satu spot menarik yang banyak digemari turis merupakan mata air yang berasal dari Gunung Rinjani, konon mata air ini dapat membuat seorang awet muda serta nampak lebih bercahaya.

Posisi: Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat.

Masjid Klenteng Lombok

Lombok diketahui dengan julukan pulau seribu masjid, sebab di daerah ini banyak ada bangunan masjid.

Salah satu bangunan masjid unik ada di Dusun Jurang Malang di kawasan Desa Sasaot.

Mushola yang kerap diucap dengan Masjid Tiongkok ataupun Masjid Klenteng ini mempunyai wujud bangunan unik semacam wihara ataupun klenteng.

Mesjid ini pula kerap diucap dengan Masjid Merah sebab bangunan lebih didominasi dengan warna merah.

Di dekat masjid pula dibentuk halaman yang asri sehingga membuat atmosfer terus menjadi sejuk serta menenangkan.

Masjid ini dibentuk oleh Ang Tian Kok serta istri, seseorang generasi Tionghoa yang jadi mualaf serta setelah itu berubah nama jadi H. Ahmad Maliki.

Aik Nyet

Aik Nyet masih terletak di kawasan hutan Seseot dengan pesona alam yang masih sangat asri serta sejuk.

Kolam pemandian Aik Nyet mempunyai 6 pancuran yang diucap dengan“ pancor 6”.

Konon sumber mata air ini tidak sempat mengering serta senantiasa mengalir sejauh tahun.

Atmosfer di dekat kolam pemandian ini sangat melegakan mata dengan pepohonannya yang menghijau.

Kalian dapat berjalan di jalur setapak dengan panorama alam di sekitarnya yang buat adem serta betah.

Baca: 20 Destinasi Wisata Solo yang sangat Populer, Supaya Tripmu Gak ke Klewer Mulu!

Pura Meru

Pura Meru ialah pura terbanyak di Lombok yang sudah dibentuk semenjak dekat tahun 1720 oleh Anak Agung Made Karangasem bersama 33 desa yang ikut menolong.

Pura ini dibentuk dengan tujuan buat menyatukan sebagian tempat yang kerap digunakan sebagat tempat buat menghakimi pelakon kejahatan.

Bangunan pura nampak unik sebab mempunyai atap yang bertingkat.

Tidak hanya digunakan selaku tempat ibadah umat Hindu, Pura Meru pula jadi destinasi wisata yang banyak didatangi oleh turis.

Simbol 33 desa ditampilkan dalam wujud Sanggah putih yang berjumlah 33. Sebaliknya bagian yang lain yang tidak kalah menarik merupakan meru bertingkat yang menjulang besar.

Salah satu meru mempunyai 11 tingkatan sedangkan 2 yang lain mempunyai 9 tingkatan. Meru di pura ini melambangkan dewa- dewa yang terdapat dalam kepercayaan agama Hindu.

Selaku tempat ibadah, Pura Meru pasti menetapkan peraturan untuk wisatawan yang wajib dipatuhi.

Antara lain merupakan larangan masuk pura untuk perempuan yang lagi tiba bulan, wajib berpakaian sopan serta menggunakan selendang yang diikatkan di pinggang.

Buat selendang umumnya hendak dipinjamkan oleh petugas ataupun penjaga.

Tidak jauh dari posisi Pura Meru, kalian pula dapat menjelajahi keelokan Pura Halaman Mayura yang dilengkapi dengan halaman air nan eksotis.

Lumayan menyeberang jalur saja turis telah dapat hingga di Pura Halaman Mayura yang dibentuk pada tahun 1744.

Posisi: Jalan. Selaparang, Cakranegara, Kecamatan Mataram, Kota Mataram.

Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong berjarak kurang lebih 12 kilometer dari Kota Mataram, NTB bersebelahan dengan Tepi laut Senggigi.

Pura ini sudah berdiri semenjak tahun 1533, serta dibentuk oleh seseorang resi dari Jawa Timur yang bernama Dang Hyang Dwijendra yang menyebarkan agama Hindu ke Pulau Bali serta Lombok.

Nama Batu Bolong sendiri merujuk pada posisi pendirian pura yang terletak di batu besar berbentuk perbukitan yang ada lubang pada bagian bawahnya.

Pura yang berhadapan langsung dengan Selat Lombok serta Gunung Agung ini sanggup memperkenalkan nuansa spiritual yang mendalam untuk umat Hindu yang lagi melaksanakan ibadah di pura ini.

Menikmati keelokan pura yang dipadukan dengan sunset serta view tepi laut di sore hari dapat jadi momen yang tidak terlupakan.

Macam sarana yang ada di dekat posisi pura pula membagikan kenyamanan tertentu untuk kalian yang mau tinggal lebih lama.

Mulai dari penginapan ataupun hotel, resort, restoran, serta kios souvenir seluruhnya terdapat buat sensasi liburan yang terus menjadi mengasyikkan.

Posisi: Batu Bolong, Kecamatan Batulayar, Lombok Barat.

Pura Lingsar

Terdapat 3 bangunan utama pada Pura Lingsar, ialah Gaduh, Kemaliq serta Pesiraman. Pura ini jadi simbol kerukunan umat beragama di Lombok.

Bila Gaduh jadi tempat suci untuk umat Hindu hingga Kemaliq jadi tempat suci untuk umat Islam Wetu Telu tetapi pula dapat digunakan buat tempat ibadah umat Hindu.

Pada zona Kemaliq ada suatu kolam kecil yang ditempati oleh ikan tuna yang konon ialah jelmaan dari tongkat Raja Lombok yang bernama Datu Milir.

Bagi keyakinan, siapapun yang memandang kemunculan ikan tersebut hendak memperoleh keberuntungan.

Tidak hanya itu terdapat pula sumber mata air berbentuk pancuran yang terdapat di zona Kemaliq serta pula di Pesiraman.

Konon air dari pancuran tersebut efektif buat menanggulangi bermacam keluhan penyakit.

Posisi: Jalan. Gora Nomor. 2, Lembah Lingsar, Desa Lingsar, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat.

Bukit Merese

Panorama alam di bukit ini sangat memesona dengan view tepi laut menawan yang jernih kebiruan.

Sedangkan di sekelilingnya ialah perbukitan dengan dominasi rerumputan hijau bak permadani.

Sebagian spot menawan dapat digunakan buat difoto sehingga ekspedisi yang menanjak mengarah ke puncak bukit tidak hendak percuma.

Posisi: Jalan. Kuta Lombok, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.

Bukit Malimbu

Destinasi Bukit Malimbu dapat jadi opsi pas untuk turis yang mau mencari sunset dengan spot mempesona.

Tidak hanya mencari sunset eksotis, Bukit Malimbu pula banyak dijelajahi buat aktivitas bersepeda yang menantang.

Sembari menunggu datangnya sunset, kalian dapat menikmati atmosfer alam yang masih asri

dengan mencicipi sebagian menu santapan yang banyak dijual oleh penduduk dekat.

Terdapat jagung bakar, bakso, santapan kecil, rujak serta yang tentu kelapa muda yang menyegarkan kerongkongan.

Tidak ketinggalan pula, bermacam pernak pernik souvenir dapat kalian beli selaku buah tangan buat keluarga. Terdapat t- shirt, perhiasan mutiara serta cenderamata yang lain.

Posisi: Bukit Malimbu, Kecamatan Senggigi, Kabupaten Lombok Barat ataupun dekat 24 kilometer dari pusat Kota Mataram.

Bukit Nipah

Bukit ini menawarkan sensasi sunset yang luar biasa dengan siluet Gunung Agung yang epic serta view pantainya yang mempesona.

Menjelajahi Bukit Nipah hendak membagikan kepuasan tertentu untuk para pemburu sunset di Pulau Lombok.

Posisi: Bukit Nipah terletak di Malaka, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, NTB.

Danau Segara Anak

Danau Segara Anak ialah salah satu destinasi wisata yang identik dengan Pulau Lombok.

Spot menawan ini pula jadi tempat yang harus disinggahi oleh para pendaki yang mau menaklukan Gunung Rinjani.

Dengan ketinggian menggapai kurang lebih 2. 010 Mdpl, pasti perlu tenaga ekstra buat dapat menggapai ke posisi Danau Segara Anak.

Tetapi ekspedisi yang meletihkan dekat 7- 8 jam hendak terbayar lunas begitu datang di tempat yang penuh pesona ini.

Segara Anak bukan cuma menyajikan pesona alamnya yang menawan namun pula mempunyai kedudukan berarti untuk masyarakat lokal, paling utama Suku Sasak serta pula umat Hindu.

Sebagian ritual serta upacara adat sering kali diselenggarakan di Danau Segara Anak ini selaku salah satu wujud kearifan lokal yang masih dijunjung besar.

Tidak hanya mengeksplore keelokan Danau Segara Anak, turis pula dapat menjelalahi sebagian goa yang terletak tidak jauh dari danau, semacam Goa Susu, Goa Payung serta Goa Manik.

Wisata Alam Hutan Lemor

Hutan Lemor terletak sangat strategis sebab terletak jalan mengarah Halaman Nasional Gunung Rinjani.

Hutan lindung dengan luas menggapai kurang lebih 90 hektare ini mempunyai keankearagaman flora serta fauna yang banyak dimanfaatkan buat keperluan riset.

Koleksi tanaman serta bunga di Hutan Lemor lumayan bermacam- macam, tercantum bermacam tipe anggrek dengan aneka warna yang menawan mempesona.

Sedangkan sekumpulan kera jadi panorama alam lumrah yang dapat ditemui di kawasan Hutan Wisata Lamor.

Tidak hanya menyajikan panorama alam alam yang masih sangat asri serta sejuk, di kawasan hutan ini pula ada pemandian natural dengan air dinginnya yang menyegarkan.

Buat hingga di kolam pemandian, kalian dapat menuruni anak tangga sambil menikmati sejuknya hawa di alam pegunungan.

Posisi: Dusun Cempaka, Desa Suela, Kecamatan Suela, kabupaten Lombok Timur.

Baca: 30+ Tempat Wisata Yogyakarta Terkini serta Sangat Hits, terdapat“ Tangga Mengarah Surga” lho!

Hutan Adat Mandala

Hutan Adat Mandala ialah kawasan hutan yang dilindungi secara adat.

Warga Bayan meyakini kalau Hutan Mandala selaku tempat sakral.

Tidak hanya itu, keberadaan sumber mata air yang terdapat di kawasan hutan ini pula diyakini berhubungan langsung dengan Danau Segara Anak.

Hutan ini ialah kekayaan natural yang tetap dilindungi oleh masyarakat warga.

Buat merambah kawasan hutan juga kalian tidak boleh sembarangan.

Terdapat sebagian peraturan yang wajib dipatuhi serta bila dilanggar hingga hendak dikenakan denda.

Ketentuan yang terbuat sekedar bertujuan buat melindungi kelestarian alam serta hutan selaku anugerah dari Si Pencipta yang membagikan khasiat untuk masyarakat Bayan.

Tidak hanya menjelajahi hutan serta menikmati kesegaran udaranya, kalian pula dapat menikmati dinginnya air di kolam pemandian yang menampung sumber mata air Mandala.

Menjelajahi Desa Bayan serta memandang kegiatan warganya yang lagi menenun pula membagikan pengalaman tertentu yang tidak terlupakan.

Puas jalan- jalan, mencicipi hidangan kuliner khas Desa Bayan pula pantas dicoba.

Posisi: Desa Bayan, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara.

Wisata Gili Lombok

Wisata gili di Lombok terdapat berbagai berbagai, seluruhnya dapat kalian jelajahi bilamana mau membedakan satu dengan yang lain. Pasti bila kalian mempunyai waktu yang lumayan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *